087 870 140 627
Foto: Dok. Primarasa

Telur Kabocha Panggang bisa jadi hidangan penutup favorit Anda. Memadukan kabocha atau labu asal Jepang dengan telur, susu, dan keju dijamin rasanya gurih-manis. Mudah dibuat, nih!

Tingkat kesulitan: mudah
Waktu: 40 menit
Untuk: 4 mangkuk

Bahan
250 g kabocha*
¼ sdt garam
¼ sdt merica bubuk
1/8 sdt pala bubuk
6 sdm susu cair
Mentega untuk mengoles
4 butir telur
1 – 2 sdm keju parmesan
*Kabocha adalah labu dari Jepang, se­perti labu kuning atau labu parang, hanya saja bentuknya lebih kecil (sebesar kelapa), kulitnya hijau atau kuning. Kulit kabocha lebih lunak bila direbus dibandingkan kulit labu parang.

Cara membuat:
1. Kupas kulit kabocha, buang bijinya. Potong-potong persegi daging kabocha  ukuran 4 x 4 cm, kemudian kukus hingga matang/lembek, angkat.

2. Lumatkan kabocha selagi panas, dengan menggunakan pelumat kentang. Campur kabocha dengan garam, merica, dan pala, aduk, masukkan susu cair, aduk sampai rata.

3. Siapkan 4 buah mangkuk tahan panas volume 200 ml. Olesi dengan mentega. Panaskan oven pada suhu 180ºC. Masukkan adonan kabocha ke dalam mangkuk sama banyaknya. Pecahkan sebutir telur di setiap mangkuk. Taburi permukaannya dengan keju.

4. Taruh semua mangkuk dalam loyang datar. Tuangi air mendidih ke dalam loyang hingga mencapai ½ bagian dari mangkuk.

5. Masukkan loyang ke dalam oven, panggang selama ± 10 menit atau hingga putih telur dan kuning telur padat dengan tingkat kematangan sesuai selera. Keluarkan loyang dari oven, hidangkan selagi panas. (P)

sumber : https://www.primarasa.co.id/penutup/telur-kabocha-panggang